AWALI DENGAN BASMALLAH

www.viva.co.id

Minggu, 08 April 2012

Web log, Media Perubahan dan Pembawa Petaka



Web log atau blog  yang artinya adalah suatu bentuk aplikasi/layanan web yang dibuat untuk memudahkan user dalam mempublikasikan informasi yang dimilikinya melalui tulisan-tulisan yang
dimuat dalam sebuah postingan, Blog sendiri mempunyai fungsi yang sangat beragam seperti menjadi sebuah catatan harian, menjadi media publikasi, sampai dengan menjadi sebuah web portal bagi perusahaan (Sumber: http://www.rumahkiat.com/pengertian-blog-atau-website/)
            Diera ketika biaya untuk memiliki biaya berada diluar jangkauan kantong orang awam, internet sudah mendemokratiskan komunikasi massa meskipun internet masih merupakan medium baru. Aturanya pun baru. Anggota senat AS Trent Lott tak pernah menyangka bahwa karirnya akan berakhir akibat tekanan melalui jaringn online yang dilakukan oleh seorang warga yang berada ditempat yang tidak diketahuinya.
            Joshua Marshall, yang membuat web sendiri talkingpointsmemo.com yang menyebarkan pidato lott yang tergantung sudut pandang anda, bisa terdengar rasis atau tidak sensitif dengan isu ras. Komentar lott ini di sampaikannya pada ulang tahun ke 100 Senator Strom Thurmont yang dahulu adalah pendukung kebijakan pemisahan ras. Para blogger lain juga yang marah ikut bergabung. Tiga hari kemudian berita ini masuk NBC empat hari kemudia Lott minta maaf, dua minggu kemudian rekan-rekan di Senat menggusur dari kursi kepemimpinan. (vivian, 2008: 282)
            Blog terkenal karena sifatnya yang bebas untuk semua.web membuat warga punya akses ke audiens yang sangat luas web bisa menjadi corong yang luas dan efektif diluar media berita traditional yang lahir dari tradisi dan praktik yang sudah terlembagakan.
            Kemudian akses ke audiens yang dimiliki bloger juga memiliki problem. Kebanyakan blogger masih amatir dalam pemberitaan. Dan mereka kurang berpengalaman dalam tradisi jurnalisti. Misalnya, para blogger yang melahirkan bahwa calon presiden John Kerry dan pejabat kantornya punya hubungan gelap.         

Tidak ada komentar:

SUMATERA EKSPRES L.P.6