AWALI DENGAN BASMALLAH

www.viva.co.id

Minggu, 24 Oktober 2010

Evaluasi program PR

  
                                                                                     
                                              oleh:Fadhil sofyan
 a. Pengantar
Public Relations yang diterjemahkan menjadi hubungan masyarakat (humas)  mempunyai dua  pengertian.  Pertama,  humas dalam artian sebagai  teknik komunikasi  atau  technique   of communication dan kedua,  humas sebagai  metode komunikasi atau  method of communication (Abdurrahman, 1993: 10).  Konsep Public Relations sebenarnya berkenaan dengan kegiatan penciptaan pemahaman melalui pengetahuan, dan melalui kegiatan-kegiatan tersebut akan muncul perubahan yang berdampak (lihat Jefkins, 2004: 2).
Public Relations menyangkut suatu bentuk komunikasi yang berlaku untuk semua organisasi (non profit – komersial,publik- privat, pemerintah – swasta). Artinya Public Relations jauh lebih luas ketimbang pemasaran dan periklanan atau propaganda, dan telah lebih awal.

 b. Definisi
Evaluasi  adalah sebagai suatu usaha atau kegiatan untuk menentukan nilai suatu program/kegiatan. Dalam bukau efektif public relations menjelaskan bahwa evaluasi adalah sesuatu yang terus menerus dan penting. menurut DANIEL TAMBURIAN, S.Sos., M.si evaluasi adalah Proses untuk memantau dan menguji, analisis hasil akhir suatu kampanye/program
Evaluasi program kehumasan dengan dua alasan :  Dapat mempertahankan program kehumasan dan keberadaan bagian humas dalam perusahaan dengan menunjukkan nilai program humas bagi perusahaan.  Adanya tuntutan manajemen perusahaan thd setiap bagian dalamn perusahaan agar setiap pengeluaran sumberdaya pada bidang apapun harus dapat dipertanggungjawabkan (accountable).

c. Jenis evaluasi
  • Process evaluation
berkaitan dengan usaha-usaha untuk mengetahui apakah program  humas telah dikelola dengan baik, berkesinambungan & efektif dalam suatu kurun waktu. Mis : data dari kliping pers mungkin dapat memperlihatkan kecenderungan dalam hubungan dengan media.
  • Outcome evaluation
berkaitan dengan usaha untuk mengetahui apakah dampak dan hasil yang ditimbulkan oleh program  humas yang teah dijalankan organisasi. Apakah tujuan yang ditetapkan dalam rencana (objective) dapat tercapai.

  • In proses
pada saat berlangsung, mis : dengan pencatatan kegiatann harian, pertemuan staff untuk memperoleh umpan balik, melakukan observasi, laporan perkembangan jadwal, breifing Internal evaluationn
  • Eksternal evaluation
mengukur efek program / kampanye kehumasan terhadap publik  sasaran dalam bentuk perilaku publik secara umum, liputan media dsb.

 d. Langkah-langkah dasar dalam evaluasi
  • Membangun kesepakatan tentang kegunaan dan tujuan evaluasi
  • Menjamin komitmen organisasi pada evaluasi
  • Bangun konsensus tentang penggunaan riset evaluasi didalam departemen
  • Tulis sasaran program dalam istilah yang dapat diamati dan dapat diukur
  • Pilih kriteria yang paling tepat
  • Tentukan cara terbaik untuk mengumpulkan bukti
  • Buat catatan program yang lengkap
  • Gunakan temuan evaluasi untuk mengelola program
  • Laporkan hasil evaluasi kepada menejemen
  • Tambahkan ke pengetahuan professional.

e. Penutup
  • Manfaat Evaluasi
    • Memfokuskan usaha.
    • Menunjukkan kefektifan.
    • Memastikan efisiensi biaya.
    • Mendukung manajemen yg baik.
    • Memfasilitasi pertanggungjawaban
  • Alasan PR Tidak Melakukan Evaluasi
    • Tidak memahami apa yg harus dievaluasi.
    • Tidak memahami apa yang dapat dicapai.
    • Agregasi.
    • Banyaknya teknik evaluasi yang dibutuhkan.

  • Beberapa istilah penting dalam melakukan evaluasi:
    • Input
    • Output
    • Outcome
    • Out-take

1 komentar:

Lala Fahma mengatakan...

Tulisan sama backgroundnya warna nya mati, jadi bikin males baca

SUMATERA EKSPRES L.P.6